5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak dengan Sederhana

Ilustrasi Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak. Foto: Unsplash/Hal Gatewood

Smart-Thinkers,

Memiliki otak yang cerdas bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan keberhasilan seseorang. Jika ingin memiliki otak yang cerdas, ada beberapa cara meningkatkan kecerdasan otak yang bisa dicoba.

Tingkat kecerdasan seseorang dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti faktor genetik, asupan nutrisi, pola asuh, riwayat pendidikan, hingga kondisi kesehatan.

Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak

Ilustrasi Cara Meningkatkan Kecedasan Otak. Foto: Unsplash/Josh Riemer
Cara meningkatkan kecerdasan otak ternyata bisa dilakukan dengan cara yang cukup sederhana. Bahkan, membiasakan untuk melakukan beberapa rutinitas bisa membantu meningkatkan kecerdasan.
Kecerdasan sendiri termasuk salah satu potensi yang dimiliki oleh manusia. Kecerdasan pula yang membuat derajat manusia terangkat, sebagaimana dikutip dari buku Kunci Melatih Otak Super, Darma Putra, (2020:104).
Ikuti 5 cara meingkatkan kecerdasan otak dengan sederhana berikut ini.

1. Membaca

Kebiasaan membaca tak hanya mencerdaskan otak, tetapi juga memperluas wawasan. Para ahli bahkan menemukan jika membaca bisa mengurangi stres, menyehatkan mental dan membuat perasaan lebih bahagia.
Perasaan itulah yang menjadikan seseorang memiliki otak yang lebih cerdas dan menakjubkan.

2. Melatih Otak melalui Permainan

Salah satu cara meningkatkan kecerdasan otak adalah dengan melakukan permainan yang dapat mengasah otak (brain games), misalnya teka-teki silang, puzzle, atau sudoku.
Aktivitas tersebut dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan dengan cara melatih daya ingat serta keterampilan bernalar dan berbahasa.

3. Lakukan Sesuatu yang Baru

Ketika mengalami sesuatu yang baru dan tidak biasanya, hal ini akan merangsang otak. Kuncinya bukan hanya melakukan hal yang sama setiap hari.
Lakukan sesuatu yang baru, karena aktivitas ini akan membuat saraf-saraf di otak akan mengambil jalan lain untuk bekerja Scatter pink Mahjong Ways 2.

4. Memainkan Alat Musik

Cara meningkatkan kecerdasan otak bisa dilakukan dengan belajar bermain alat musik. Menurut penelitian, memainkan alat musik dapat melatih kemampuan sensoris dan berpikir, persepsi pendengaran, koordinasi fisik, dan daya ingat.

5. Olahraga

Olahraga teratur bisa membuat otak lebih fokus pada satu hal. Selain itu juga akan meningkatkan daya ingat dan membuat otak lebih bahagia sehingga terhindar dari stres.
Untuk itu, penting untuk membantu anak membiasakan aktivitas fisik tersebut. Olahraga juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan mencegah degenerasi otak.
Selain melakukan cara meningkatkan kecerdasan otak diatas, mengonsumsi vitamin juga dapat membantu meningkatkan kemampuan otak.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Smart-Thinkers