Mengamati lingkungan sekitar, tentu kita paham bahwa kebahagiaan tiap orang tidak sama. Beberapa orang mungkin bisa meraih kebahagiaan dalam waktu singkat. Sedangkan kita, meskipun bersusah payah sejak lama namun tidak kunjung merasakan kebahagiaan tersebut.

Sebenarnya cepat lambatnya kebahagiaan tergantung pada diri sendiri. Tidak harus diukur dari pencapaian dalam skala besar. Tapi ini juga dimulai dari tindakan kecil dan sederhana. Seperti bersyukur, atau menghargai diri sendiri. Inilah tujuh hal yang mempercepat datangnya kebahagiaan.

1. Menghargai diri sendiri

7 Hal yang Mempercepat Datangnya Kebahagiaan, Praktikkan!ilustrasi meningkatkan kualitas diri

Seringkali kita merenungkan tentang datangnya kebahagiaan. Kemudian timbul rasa bosan karena kebahagiaan tidak kunjung datang. Kita lupa bahwa cepat atau lambatnya kebahagiaan kembali lagi pada sikap dan pola pikir.

Salah satu upaya mempercepat datangnya kebahagiaan adalah menghargai diri sendiri. Meskipun memiliki sisi kekurangan, namun tidak pernah mencela atau menyudutkan. Seseorang yang mampu menghargai diri sendiri akan menumbuhkan sikap optimis dalam menjalani kehidupan.

2. Menghargai apa yang sudah dimiliki

7 Hal yang Mempercepat Datangnya Kebahagiaan, Praktikkan!ilustrasi berterima kasih pada diri sendiri

Sejatinya kita memiliki banyak hal berharga dalam hidup. Namun yang perlu dicatat, tidak semuanya bisa dilihat dalam bentuk materi. Seringkali keberuntungan berupa anugerah-anugerah kecil yang membentuk pola hidup bermakna.

Jika kamu ingin merasakan kebahagiaan lebih cepat, tentu harus mampu menghargai apa yang sudah dimiliki. Contohnya seperti waktu luang, kesehatan fisik dan mental, juga orang-orang terdekat yang baik dan tulus. Dengan menghargai apa yang sudah dimiliki, kita sadar bahwa hidup lebih dari kata beruntung.

3. Menghargai momen sederhana yang hadir

7 Hal yang Mempercepat Datangnya Kebahagiaan, Praktikkan!ilustrasi mempedulikan diri

Rasa jenuh timbul saat kita merasa kebahagiaan datang terlambat. Untuk kemudian menyalahkan diri secara berlebihan. Tapi daripada terjebak dalam sikap tersebut, mengapa kamu tidak merenungkan beberapa hal? Terutama mengenai sikap dan tingkah laku.

Terdapat beberapa hal yang mempercepat datangnya kebahagiaan. Salah satu yang tidak boleh dilupakan adalah menghargai momen sederhana. Seperti kebahagiaan saat berkumpul bersama orang-orang terdekat atau saat mampu merasakan kehidupan yang tenang dan tertata.

4. Berbagi dengan orang lain

7 Hal yang Mempercepat Datangnya Kebahagiaan, Praktikkan!ilustrasi berbagi hampers

Dunia tidak selalu berjalan ideal sebagaimana yang diharapkan. Beberapa orang mungkin dikaruniai rezeki berlebih. Mereka bisa dengan mudah menuruti keinginan maupun kebutuhan. Sedangkan beberapa lainnya harus menjalani hidup serba kekurangan.

Jika kamu menghendaki kebahagiaan datang dengan cepat, tumbuhkan empati. Berbagi dengan orang lain tidak akan mengurangi porsi kebahagiaan yang dirasakan. Justru ini semakin bertambah, kita merasakan kebahagiaan yang berlipat ganda saat mau berbagi.

5. Selalu berpikiran positif

7 Hal yang Mempercepat Datangnya Kebahagiaan, Praktikkan!ilustrasi berpikir positif

Kebahagiaan tidak menghampiri orang-orang yang hanya berpangku tangan. Apalagi memandang kehidupan hanya dari sudut pandang negatif. Berawal dari sikap yang kurang bijaksana, pada akhirnya mengurangi esensi hidup yang bermakna.

Jika kamu ingin mempercepat datangnya kebahagiaan, tentu harus melatih pikiran agar positif. Sadari bahwa setiap orang memiliki peluang memperoleh keberhasilan. Melalui pemikiran positif, seseorang merasa lebih tenang dan tidak terbebani.

6. Menerima diri secara utuh

7 Hal yang Mempercepat Datangnya Kebahagiaan, Praktikkan!ilustrasi menghargai momen kecil

Manusia tidak hanya memiliki sisi kelebihan yang diunggulkan. Terkadang, kekurangan juga menjadi beban tersendiri. Tapi semua kembali lagi dari cara kita dalam menjalani hidup. Apakah memilih menerima diri secara utuh, atau justru menyalahkan secara berlebihan.

Kita harus memahami beberapa hal yang mempercepat datangnya kebahagiaan. Salah satunya adalah menerima diri secara utuh. Baik dari sisi keunggulan, maupun menerima kekurangan dan kelemahan. Inilah yang membuat hidup terasa lebih bermakna.

7. Senantiasa menjaga keseimbangan hidup

7 Hal yang Mempercepat Datangnya Kebahagiaan, Praktikkan!ilustrasi perempuan tersenyum

Banyak orang menyalahkan takdir karena mereka tidak kunjung merasakan kebahagiaan. Seolah kehidupan berjalan tidak adil. Berbeda dengan orang lain yang hidupnya terlihat nyaman tanpa tekanan. Mengapa kita tidak berusaha untuk memperbaiki diri saja?

Mari evaluasi kembali mengenai keseimbangan hidup. Kita tidak perlu memforsir diri di luar batas kemampuan. Pastikan antara kegiatan dengan waktu luang berjalan selaras. Jika kamu ingin kebahagiaan dalam waktu cepat, jaga keseimbangan hidup agar tidak ada yang berat sebelah.

Mungkin kamu sering mengeluh tentang kebahagiaan yang selalu datang terlambat. Berbeda dengan orang lain yang sudah merasakan kebahagiaan sejak awal. Mengapa tidak mencoba introspeksi diri saja? Karena cepat atau lambatnya kebahagiaan berasal dari diri sendiri.

Nono4D

Nono4D

Nono4D