3 Buku Self Development yang Wajib Dibaca Para Calon Mahasiswa

Reformasi dari tingkat sekolah ke dunia perkuliahan merupakan suatu hal yang bisa dibilang cukup drastis. Banyak sekali hal yang jauh berbeda antara dunia sekolah dan kuliah. Agar tidak terserang culture shock, ada baiknya para calon mahasiswa melakukan banyak persiapan sebelum memulai perjalanannya sebagai pejuang gelar sarjana.

Hal ini memang tergantung pada kepribadian setiap orang dalam menghadapi dunia universitas yang tidak mudah. Tapi kebanyakan mahasiswa memang merasa kalau mental mereka sangat diuji pada masa perkuliahan. Dari stres ringan hingga depresi, banyak mahasiswa yang mengalami.

Maka dari itu, untuk menyiapkan mental kita supaya lebih kuat dan tidak terlalu kaget menghadapi dunia perkuliahan nanti, tiga buku self development di bawah ini akan sangat membantu.

1. How To Win Friends And Influence People

Kehidupan perkuliahan ini sangat luas jaringannya. Banyak orang-orang asing yang kamu tidak pernah terpikirkan untuk berteman dengan mereka tapi ternyata kamu membutuhkan orang-orang tersebut. Melalui buku self development karya Dale Carnegie ini, kamu akan belajar cara menjalin hubungan yang bijak dengan orang lain.

Dari perihal timbal balik sampai cara membuat orang lain luluh dan memenangkan hatinya oleh kita, buku ini akan mengajarkan hal-hal tersebut.

2. Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat

Buku dengan judul asli The Subtle Art Of Not Giving A Fuck ini akan menuntun kita ke arah prioritas yang sebenarnya. Nyatanya ada banyak sekali hal yang kita beri perhatian lebih padahal sebenarnya tidak penting-penting amat. Nah melalui tulisan milik Mark Manson ini, kamu akan belajar untuk jadi ‘bodo amat’ pada hal-hal tak penting tersebut.

Kisah-kisah yang dijadikan inspirasi dalam buku ini juga sangat memotivasi lho. Setelah membaca kisah-kisah tersebut, kamu akan merasa tersadarkan kalau hal yang selalu kamu pedulikan sampai membuat stres itu sebenarnya tidak sebegitu berpengaruhnya terhadap kesuksesanmu. Saat kuliah nanti, kamu sangat perlu keahlian memanajemen hal-hal agar tidak membuatmu stres sendiri.

3. Atomic Habit

James Clear melalui bukunya yang satu ini mengajarkan pembaca untuk membangun kebiasaan baru yang lebih baik dan meninggalkan kebiasaan lama kita. Kamu akan bertransformasi dari seorang siswa menjadi mahasiswa. Banyak sekali hal yang akan berubah dan memaksamu untuk berubah juga.

Supaya tidak menderita saat harus beradaptasi dengan pola hidup asing di dunia kuliah nanti, kamu bisa membaca buku Atomic Habits untuk belajar cara membangun kebiasaan baru.

Itu dia tiga buku self developement yang wajib menjadi bacaan para calon mahasiswa. Kamu sudah baca yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *